Meriah berbagai Kegiatan Semarakkan Bersih Kelurahan Pandean

Madiun – Budaya adat istiadat merupakan kekayan peninggalan para leluhur yang patut untuk di lestarikan serta di jaga, agar nilai nilai budaya ini tidak akan hilang ataupun punah , di masa yang serba mudah ini digitalisasi dan pengaruh budaya asing merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap hilangnya keanekaragaman budaya lokal , oleh sebab itu semua pihak wajib untuk menjaga sekaligus mempertahankan dan mempertahankan budaya asli daerah Nusantara.

Dalam rangka pelestarian budaya dan adat istiadat Pemerintah Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan, Madiun, Jawa timur , bersama tokoh dan masyarakat pandean tetap mempertahankan warisan budaya adat istiadat peninggalan para leluhur ,Jumat 01/September/2023.

Dalam upaya ini di gelar rangkaian tradisi dalam rangka nyadran atau bersih desa/Kelurahan Pandean , nyadran merupakan tradisi pemebersihan makam atau petilasan leluhur yang berlokasi di sendang Pandean , serta mendoakan dan di lanjut dengan sedekah bumi, tolak bala ,serta selamatan ini juga bertujuan sebagai wujud syukur kepada sang pencipta yang telah di berikan keselamatan dan kesehatan serta rezeki sampai saat ini.

Dalam rangka kegiatan nyadran atau bersih kelurahan pandean ini masyarakat begitu antusias dan kompak gotong royong sehingga kegiatan Nyadran tahun ini tampak meriah,
dengan di iringi seni reog dan seni dongkrek, seni dongkrek sendiri iyalah seni asli dari kabupaten Madiun terutama di wilayah Caruban, yang nantinya akan di arak keliling kelurahan pandean dan akan di pentaskan di depan kantor kelurahan pandean.

Pada kesempatan ini juga Ageng Kurina Wijayanto, S.E . Lurah Pandean juga ikut serta dalam pertunjukan dengan duduk di atas dadak merak pada saat seni reog berlangsung , ini di sambut meriah oleh warga masyarakat kelurahan pandean.

“Ageng menyampaikan terkait prosesi kegitan tradisi nyadaran yang pertama saya sangat mengapresiasi masyarakat Kelurahan Pandean yang tetap selalu mempertahankan kultur budaya adat istiadat peninggalan para leluhur, dan saya juga sangat bangga kepada masyarakat Pandean yang selalu kompak dangan kegotongroyongan sehingga kegiatan ini berjalan lancar aman, kondusif serta meriah”

“Saya berharap semoga kegiatan berish kelurahan atau nyadran ini akan tetap lestari, terjaga dan di pertahankan hingga anak cucu kita nanti, dan untuk warga kelurahan pandean semoga di berikan kesehatan , keselamatan dan berkah yang melimpah , dan persaudaran kekompakan ini tidak akan pernah pudar dan hilang nantinya . (Jp/gsi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses